Keutamaan dan Keajaiban Bersedekah

 

            Sedekah dalam bahasa arab “sadaqah”, berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh seorang muslim yang telah berlebihan hartanya.

Dalam agama Islam khususnya, sedekah merupakan amal ibadah yang sangat dianjurkan dan banyak manfaatnya. Uang yang dikeluarkan untuk bersedekah akan mendatangkan manfaat sesuai janji Allah Subhanahu wa ta’ala bahwa orang yang selalu mengeluarkan sedekah hartanya, maka sebenarnya ia tidak merugi karena Allah akan menggantinya berkali-kali lipat dari jumlah sedekah yang dikeluarkannya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. As-Saba: 39 berikut.

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

            Dalam QS. Al-Baqarah: 261, Allah juga berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunianya lagi Maha Mengetahui.

            Sungguh luar biasa keajaiban sedekah. Saking luar biasanya, Ibnu Qayyim berkata, Dalam bersedekah banyak hal luar biasa, termasuk menolak beragam bencana dan penyakit. Sekalipun yang melakukan sedekah adalah orang yang durhaka ataupun orang yang banyak menganiaya.

            Ikhwan wa akhwat fillah, oleh karena itu, jangan takut miskin untuk mengeluarkan sebagian harta kita di jalan Allah. Justru dengan cara bersedekah, rezeki kita akan tambah berlimpah. Sebagaimana Rasulullah bersabda, Sesungguhnya bersedekah tidak mengurangi hartamu.

Oleh: Zahra’Unnisa Aulia

Posting Komentar

1 Komentar