Wisata Religi


LDK Nurul Fata baru saja melakukan kegiatan wisata religi tepatnya pada hari Sabtu, 12 September 2020 dengan rute perjalanan mulai dari makam Habib Hasyim al-Kaff, makam Datu Amin, makam Surgi Mufti, makam Habib Basirih, makam Sultan Suriansyah dan makam Guru Zuhdiannor.

         Wisata religi adalah sebuah perjalanan atau kunjungan yang dilakukan baik individu maupun kelompok ke tempat dan institusi yang dianggap penting dalam penyebaran dakwah dan pendidikan Islam. Islam meninggalkan berbagai peninggalan sejarah penting seperti makam, masjid, bekas kerajaan, perhiasan, adat istiadat dan sebagainya yang dapat dijadikan sebagai potensi daya tarik salah satu kegiatan. Wisata tersebut adalah dalam bentuk wisata religi (ziarah) umat Islam.

            Wisata religi menjadi salah satu wisata yang cukup banyak digemari. Berbeda dengan wisata lainnya, selain mengagumi keindahan bangunan atau sejarah tempat yang dituju, kamu bisa mendapatkan ketenangan jiwa dari sisi religius. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan saat wisata religi yaitu sebagai berikut:

1.      Menghilangkan Stres

Rutinitas sehari-hari seperti kuliah atau bekerja kadang membuat stres. Belum lagi saat tinggal di kota besar yang penuh kemacetan. Guna menghilangkan stress wisata religi bisa menjadi alternatifnya.

2.      Penawar dahaga spiritual

Jika wisata lain hanya mendapatkan kepuasan sementara, berbeda dengan wisata religi. Dahaga spiritual yang kamu miliki dapat segera tersegarkan. Kamu bisa mengunjungi salah satu objek wisata sesuai kecenderungan jiwa dan apa yang paling kamu butuhkan.

3.      Wawasan Bertambah

Selain mendapatkan ketenangan jiwa dan penawar dahaga spiritual wisata religi dapat menambah wawasan. Wisata religi merupakan tempat yang mengandung sejarah, tanpa terkecuali makam-makam para wali. Selain itu, beberapa bangunan di tempat wisata religi memiliki desain unik sehingga kamu juga bisa menambah wawasan arsitektur

4.      Mendekatkan Diri ke Sang Pencipta

Ketika bekunjung ke tempat wisata religi tentunya hal tersebut membuat kamu semakin dekat dengan sang pencipta. Karena selain mengagumi keindahan tempat yang dituju kamu dapat melakukan aktivitas ibadah seperti mengaji atau shalat. Jika berkunjung ke makam para tokoh agama hal itu tentu dapat mengingatkan kamu akan kematian.

Semoga dengan adanya wisata religi tersebut kita bisa mengambil berkah, semoga hajat kita dikabulkan, segala dosa diampuni, sukses dan selamat dunia akhirat serta masuk surga bighoiri hisab. Aamiin Allahumma Aamiin….

 

Salam Ukhuwah

Semoga Bermanfaat

 

Oleh: Bidang Opini dan Syiar LDK Nurul Fata

Posting Komentar

2 Komentar