Mahalnya Aurat Wanita Tidak Ada Nominalnya

 

Sejatinya keindahan yang sangat dijaga oleh Islam adalah aurat wanita, tetapi kadang kala keindahan tersebut disalahgunakan oleh pemiliknya. Tanpa disadari, harta yang dijaga ketat oleh Islam disepelekan begitu saja. Maka dari itu, sebagai seorang muslimah kita patut untuk mempelajari tentang batasan-batasan tubuh yang wajar dipandang bagi setiap manusia.

Berbicara tentang batasan tubuh wanita pastinya yang terlintas dipikiran kita adalah aurat. Aurat menurut bahasa adalah sesuatu yang menimbulkan rasa malu sehingga seseorang terdorong untuk menutupnya. Secara terminologi dalam hukum Islam, aurat adalah bagian badan yang tidak boleh kelihatan menurut syariat Islam, batas minimal bagian tubuh manusia yang wajib ditutup berdasarkan perintah Allah. Perintah menutup aurat ini mengacu kepada ayat Al-Qur’an, yaitu QS. Al-Ahzab (33): 59.

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’”

Menutup aurat tidak hanya sekedar menggunakan jilbab saja, tetapi Allah memerintahkan kepada wanita agar memakai pakaian yang takwa. Tidak memakai pakaian yang mencolok merupakan wujud dari menutup aurat, perintah tersebut tertulis dalam Qs. An-Nur (24): 31.

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

“Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.”

Para jumhur ulama sepakat bahwa aurat wanita yang wajib ditutup ketika sholat adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Lalu, untuk diluar sholat menurut jumhur ulama Imam Syafi’i adalah sekujur tubuhnya tanpa terkecuali, dan pendapat kedua menurut Imam Syafi’i aurat wanita sekujur tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Jika orang-orang mengikuti pendapat yang pertama syukur Alhamdulillah karena menutup wajahnya juga dengan cadar.

Walaupun sudah banyak perintah untuk wanita menutup aurat, tetapi masih banyak saja wanita yang bertanya, “mengapa mereka diharuskan menutup aurat?”. Jawabannya sangatlah sederhana, yaitu dengan menutup aurat Allah ingin mengangkat derajat dan melindungi kehormatan kita sebagai seorang muslim yang taat. Tidak ada alasan lagi untuk para wanita tidak menutup auratnya karena perintah tersebut sudah sangatlah jelas bahwa Allah ingin menjaga kita dari segala sesuatu yang tidak diinginkan.

Lantas, bagaimanakah tips untuk tetap istiqomah dalam menjaga aurat? Tips yang paling wajib dilakukan adalah selalu menjaga ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena itu salah satu penguat hati kita agar selalu dimudahkan dan dikuatkan dalam menjaga aurat. Untuk tips yang lain, pastinya kita harus selalu menutup aurat dengan pakaian yang sudah ditentukan oleh syariat Islam, tidak memakai pakaian yang ketat atau semacamnya. Selebihnya, kita bisa mencari ilmu tentang menjaga aurat sesuai tuntunan Islam dengan mendatangi majelis-majelis dakwah.

Adakah tips untuk menjaga aurat ketika kita berinteraksi dengan lawan jenis? Tentunya ada. Dikutip dari republika.co.id, menutup aurat dengan pakaian yang sopan merupakan salah satu yang ditetapkan syariat. Cara tersebut menurut Syekh al-Qaradhawi bisa memaksa pihak laki-laki bersikap sopan dalam perilaku dan penglihatan terhadap muslimah yang bersangkutan.

Dari berbagai tips tersebut, sebenarnya masih banyak lagi tips-tips yang bisa dilakukan agar aurat kita tetap terjaga. Namun, tips diatas adalah garis besarnya bahwa menjaga aurat itu sangatlah sederhana asalkan kita istiqomah dalam menjalankan dan meminta kepada Allah agar selalu dimudahkan dalam menjaga aurat.

Mungkin tidak banyak yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Penulis juga masih belajar dalam mencari ilmu tentang aurat dan semoga artikel ini bisa menjadi penyemangat untuk para muslimah agar terus bisa menjaga aurat dengan baik sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Aamiin

Oleh: Nurhilma Mawaddah

Posting Komentar

0 Komentar