Bakti Sosial LDK Nurul Fata 2020

            Melihat keadaan di tengah pandemi COVID-19 pada saat ini, hampir sebagian masyarakat mengalami masalah kesulitan ekonomi. Sebagian orang bahkan kehilangan pekerjaannya dan tidak bisa mendapat pekerjaan lagi. Sementara itu, sebagian orang yang lain mungkin hanya mengalami sedikit perubahan, tetapi tidak terkendala besar secara ekonomi. Namun, ketika kita lihat anak-anak yang telah kehilangan orang tua mereka dan tinggal di sebuah panti asuhan yang bersedia mengurus mereka serta memberikan mereka kebutuhan pokok sehari-hari, bagaimanakah dengan keadaan anak-anak tersebut selama masa pandemi seperti ini? Apakah kebutuhan pokok mereka terpenuhi? Oleh karena itu, LDK Nurul Fata membukakan jalan atau menaungi wadah bagi kita untuk mengulurkan tangan berbagi rezeki pada mereka.

            LDK Nurul Fata mengadakan kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) pada hari Sabtu, 12 Juli 2020 dari jam 9.00 WITA hingga 11.00 WITA, bertempat di Panti Asuhan Al-Hidayah Sungai Miai Banjarmasin. Panti Asuhan Al-Hidayah Sungai Miai Banjarmasin ini merupakan sebuah yayasan yang berada di tengah-tengah kota Banjarmasin, tepatnya di Jalan Sultan Adam Komplek Pondok Kelapa No. 32A Rt.39, Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan. Panti Asuhan ini terbagi menjadi dua tempat, yaitu tempat untuk putra dan satu tempat lagi untuk putri. Jarak antara keduanya cukup dekat. LDK Nurul Fata melakukan kegiatan ini di panti asuhan putra karena di sana terdapat aula yang cukup untuk menampung beberapa orang pengurus LDK Nurul Fata, pengurus  Panti Asuhan Al-Hidayah, dan anak-anak panti tersebut.

            Kegiatan Bakti Sosial ini bertema “Menyatukan Langkah untuk Membangun Kebersamaan dan Berbagi Kebahagiaan bersama LDK Nurul Fata”. Kegiatan diawali dengan pembukaan yang diisi dengan serangkaian sambutan oleh Ketua Umum LDK Nurul Fata, yaitu Akhina Roni; Ketua Pelaksana Bakti Sosial, yaitu Akhina Nizar Alwi; dan perwakilan pengurus Panti Asuhan Al-Hidayah Sungai Miai Banjarmasin, yaitu Bapak Rozani yang sekaligus membuka acara secara resmi. Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan donasi berupa sembako, uang, pakaian, dan buku untuk anak-anak Panti Asuhan Al-Hidayah Sungai Miai Banjarmasin. Penyerahan berupa uang diserahkan langsung oleh Ketua Umum LDK Nurul Fata dan diterima oleh Ketua Panti Asuhan Al-Hidayah Sungai Miai Banjarmasin, sedangkan penyerahan berupa pakaian diserahkan oleh Ketua Pelaksana Bakti Sosial dan diterima kembali oleh Ketua Panti Asuhan Al-Hidayah Sungai Miai Banjarmasin. Kegiatan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Rozani.

            “Acara BAKSOS merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada saat masa pandemi yang mana kami sulit untuk bermusyawarah dengan tatap muka, tetapi ini tidak menyurutkan tekad kami untuk tetap melakukan kegiatan berbagi kepedulian kepada Panti Asuhan. Kami melakukan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan Alhamdulillah tujuan dari kegiatan BAKSOS ini dapat terlaksana walaupun ada beberapa kendala di lapangan”, tutur Akhina Nizar Alwi selaku ketua pelaksana. Ketua pelaksana juga berharap kepada teman-teman pengurus LDK Nurul Fata untuk menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman dan pembelajaran untuk menjalankan roda kepengurusan serta apabila acara tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan maka jangan sampai membuat semangat teman-teman surut dalam berorganisasi.

            Ketua Umum LDK Nurul Fata, yaitu Akhina Roni turut mengutarakan, “Motivasi dan dorongan hati dari Pengurus LDK Nurul Fata dalam kegiatan BAKSOS, yaitu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam karena beliau telah memberikan contoh untuk saling berbagi satu sama lain. Namun, apalah artinya sebuah motivasi dan dorongan kalau tidak disempurnakan dengan donasi untuk saudara kita yang lebih membutuhkan. Oleh sebab itu, saya pribadi mengucapkan terimakasih banyak atas apa yang telah diberikan, baik itu berupa benda, tenaga, pikiran dan lain sebagainya. Tetap semangat untuk memberikan yang terbaik ikhwan wa akwat fillah”

            Sesuai dengan tema acara Bakti Sosial ini, LDK Nurul Fata ingin membangun kebersamaan dan saling berbagi serta membantu kepada yang lebih membutuhkan. Dengan bantuan masyarakat umum, maka dapat membantu pengurus panti asuhan untuk memenuhi kebutuhan pokok anak-anak panti asuhan. Dengan terlaksananya kegiatan BAKSOS ini, maka diharapkan kepada Pengurus LDK Nurul Fata dapat terus saling membantu satu sama lain dan lebih sering melihat keadaan sekitar yang membutuhkan pertolongan kita.

 

Oleh: Najwa Maulidah


Posting Komentar

2 Komentar