PONDOK DAKWAH 2019

Lembaga Dakwah Kampus Nurul Fata merupakan sebuah organisasi yang mewadahi mahasiswa/i yang berkemauan mengembangkan potensi diri menjadi kader-kader dakwah professional dalam bidangnya dengan harapan mampu menghadirkan kebermanfaatan bagi ummat. Pondok Dakwah adalah kegiatan yang dijalankan secara rutin setiap tahunnya oleh LDK Nurul Fata sebagai salah satu bentuk pengkaderan bagi anggota baru, dimaksudkan agar ke depannnya para anggota baru tersebut bisa saling bersinergi dan memberi kontribusi bagi kemajuan LDK Nurul Fata.

Pondok Dakwah 2019 dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 21-22 September 2019 bertempat di SMAN 2 Banjarmasin. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 222 anggota baru yang dinyatakan lulus dalam tahap Screening Test yang telah dilaksanakan sebelumnya. Adapun tema yang diangkat dalam Pondok Dakwah tahun ini adalah “Membentuk Kader Dakwah yang Berakhlak dan Berkompeten di Era Milenial”. Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain, adalah penyampaian materi, sharing, diskusi, kegiatan keagamaan, ajang kreatifitas, serta permainan.

Kegiatan Pondok Dakwah 2019 secara resmi dibuka langsung oleh Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin pada Sabtu pagi. Selepasnya, kegiatan berlanjut dengan penyampaian materi seputar dakwah yang mana merupakan ciri keberadaannya LDK Nurul Fata. Disampaikan oleh Ustadz Husaini, M. Pd. I. selaku pemateri bahwa dakwah itu sendiri bertujuan untuk mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia maupun di akhirat. Berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan materi selayang pandang LDK Nurul Fata dan perkenalan serta sharing antara dewan pembina, pengurus, panitia pelaksana Pondok Dakwah 2019 serta para anggota baru. Demikian, diharapkan dapat menambah kedekatan dan keeratan antar keluarga besar LDK Nurul Fata.

Menjelang Sabtu malam, seusai dilaksanakannya Focus Group Discussion, peserta dipersilakan beristirahat dan bersiap-siap untuk selanjutnya melaksanakan sholat berjama’ah dan khataman Al-Qur’an. Kegiatan semakin menarik dan membangkitkan semangat peserta saat dilaksanakannya ajang kreatifitas yang mana para peserta menampilkan berbagai penampilan, seperti nasyid, maulid habsyi, musikalisasi puisi, dan ada juga yang menampilkan drama. Peserta diberi kebebasan untuk menunjukkan minat maupun bakat yang sudah mereka miliki sehingga selama berproses di LDK Nurul Fata, mereka pun dapat terus mengembangkan potensi tersebut.

Pondok Dakwah 2019 diisi dengan serangkaian acara yang diharapkan mampu membawa kebaikan dan pengalaman yang berarti bagi peserta. Pada hari Minggu, sejak dini hari, peserta sudah bersiap-siap untuk melaksanakan Qiyamul Lail dan sholat Subuh berjama’ah. Senam pagi yang dilaksanakan selepasnya juga diikuti peserta dengan penuh semangat. Berikutnya, mereka diajak mengenal bidang-bidang yang ada di LDK Nurul Fata melalui out bound dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Sampai akhir serangkaian acara ini pun, peserta tetap mengikuti dengan penuh antusias dan rasa gembira.

Pondok Dakwah 2019 ditutup dengan pembaitan peserta sebagai anggota resmi LDK Nurul Fata. Pembaitan berlangsung dengan khidmat dan penuh suka cita. Sebagaimana tujuan awal dilaksanakannya, seperti yang sudah tertuang dalam tema, semoga Pondok Dakwah 2019 ini benar-benar mampu membentuk kader dakwah yang berakhlak dan berkompeten, selalu istiqamah dalam hijrah dan berjuang di jalan Allah bersama keluarga besar LDK Nurul Fata. 











Posting Komentar

0 Komentar