Hikmah Puasa

Sesungguhnya apa yang Allah SWT syariatkan kepada hamba-Nya dari berbagai ibadah memiliki hikmah yang sempurna. Karena Allah SWT Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui akan makhluk, syariat dan balasan - balasannya. Salah Satu dari ibadah itu adalah puasa, yang memiliki hikmah besar.

Puasa merupakan ibadah untuk Allah SWT. Seorang hamba mendekatkan diri kepada Tuhan-Nya dengan meninggalkan apa-apa yang dicintai jiwa dan nafsunya baik makanan, minuman maupun hubungan kelamin. Dari situ nampak ketulusan iman seorang hamba dan kecintaannya kepada Tuhan-Nya.

Seseorang tidaklah meninggalkan apa-apa yang dicintainya kecuali untuk sesuatu yang lebih agung. Karena itu saudaraku Muslim, hendaknya engkau termasuk mereka yang berpuasa demi mengharap apa - apa yang ada di sisi Allah SWT dan menghinakan diri kepada-Nya dengan ibadah ini.
Di antara hikmah puasa yaitu seorang hamba memperoleh ketakwaan, sebagaimana firman Allah SWT:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 183)

Ini didapatkan bila sesuai dengan puasa yang meninggalkan berbagai pembatal puasa maupun perkataan dan perbuatan keji. Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang tidak meninggalkan perkataan keji, perbuatannya dan juga kebodohan, Allah tidak butuh kepada makan dan minum yangditinggalkannya." [HR. Al-Bukhari]

Semoga kita selalu memohon & berupaya untuk berpuasa yang benar, bersih dan banyak mendapatkan Ridho Allah SWT.
Aaaamiiin....


By; Rizki Rahmadani

LDK­­_berdakwah

Posting Komentar

0 Komentar