LDK Nurul Fata Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

 

            Memperingati Maulid Nabi atau sebagian orang khususnya masyarakat Banjar menyebutnya bamaulidan merupakan peringatan Hari Lahir Nabi Muhammad . Peringatan Maulid Nabi ini dilakukan setiap bulan Rabi’ul Awal karena Rasulullah ﷺ lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Hijriyah.

            Peringatan Maulid Nabi dilaksanakan umat muslim tidak hanya tanggal 12 Rabi’ul Awal saja, bahkan ketika awal bulan pun sudah banyak yang memperingatinya. Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Nurul Fata UIN Antasari Banjarmasin memperingati Maulid Nabi Muhammad pada hari Ahad, 18 Oktober 2020 M/1 Rabi’ul Awal 1442 H. Peringatan Maulid Nabi Muhammad oleh LDK Nurul Fata dilaksanakan di Musholla Al-Muhajirin yang beralamatkan di Jl. Bumi Mas Raya, Kota Banjarmasin. Peringatan Maulid Nabi tahun ini mengusung tema “Memperingati Kelahiran Rasulullah SAW sebagai Wujud Rasa Syukur dan Bukti Cinta Generasi yang Unggul serta Memperkuat Tali Silaturrahmi Keluarga Besar LDK Nurul Fata”. Acara ini dihadiri oleh Ustadz Syaiful Mukmin, S.Pd.I selaku penceramah, sekitar 7 orang dari dewan kehormatan, 5 orang dari demisioner, 70 orang dari pengurus LDK Nurul Fata, dan sekitar 30 orang anak dari Panti Asuhan Rahmah Al-Asri Banjarmasin.

            Peringatan Maulid Nabi yang diselenggarakan oleh LDK Nurul Fata ini bertujuan sebagaimana telah tercantum pada tema acara, yaitu sebagai wujud syukur atas kelahiran Nabi Muhammad ke muka bumi ini karena beliaulah yang membawa kita dari alam kegelapan ke alam terang benderang, dari Jahiliyah menjadi Islamiyah, dari kebejatan menjadi akhlakul karimah. Selain itu, juga mempererat tali silaturrahmi antar keluarga besar LDK Nurul Fata. Abdullah selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, “Acara peringatan Maulid Nabi ini adalah salah satunya suatu momentum mempererat tali silaturrahmi yang telah lama tidak bisa dijalankan oleh keluarga besar LDK Nurul Fata, yang telah lama tidak berjumpa, karena terpisahkan oleh jarak harus pulang kekampung halaman masing-masing karena wabah corona masih ada, dan tidak bisa sering-sering bertatap muka di suatu acara LDK Nurul Fata dan juga menambah rasa cinta kita kepada sang Baginda Nabi Besar Muhammad .”.­

Semoga dengan adanya pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad   oleh LDK Nurul Fata, kita bisa memetik hikmahnya. Sebab, dari situlah umat muslim akan menyadari bahwa satu-satunya tauladan terbaik adalah Nabi Muhammad . Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 21:

لَقَدۡ كَانَ لَكُمۡ فِىۡ رَسُوۡلِ اللّٰهِ اُسۡوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنۡ كَانَ يَرۡجُوا اللّٰهَ وَالۡيَوۡمَ الۡاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيۡرًا

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (Q.S. Al-Ahzab: 21)

Oleh: Normi’an


Posting Komentar

2 Komentar