Training Orientasi Pengurus LDK Nurul Fata Periode 2020-2021




Sumber Foto: Dokumentasi Divisi Pubdekdok


       Seusai dilantik pada tanggal 22 Februari 2020, pengurus LDK Nurul Fata kembali melaksanakan kegiatan guna memberikan gambaran tentang bagaimana akan dijalankannya roda organisasi selama satu tahun ke depannya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan di awal kepengurusan, yaitu Training Orientasi Pengurus atau yang biasanya disingkat menjadi TOP.
       Berbeda dari tahun sebelumnya, TOP tahun ini berlangsung selama tiga hari (13-15 Maret 2020) dari pagi hingga sore hari dan bertempat di sekitar lingkungan kampus, tepatnya di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. TOP dibuka secara resmi pada Jum’at, 13 Maret 2020 oleh Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, yang mana dalam acara pembukaan ini pula diresmikan logo baru dari LDK Nurul Fata.
    TOP 2020 dengan tema “Meningkatkan Peran Pengurus LDK Nurul Fata menjadi Pejuang Dakwah yang Berkompeten, Berdedikasi Tinggi, Berakhlak Islami dalam Lingkar Dakwah sesuai Tuntunan Rasulullah” diisi dengan serangkaian materi dan penyampaian rencana program kerja oleh masing-masing divisi dan bidang. Adapun materi yang diberikan selama kegiatan TOP ini, yakni: pertama, Filosofis Pergerakan Dakwah LDK Nurul Fata yang disampaikan oleh Ustadz Syaiful Mukmin, S. Pd. I.; kedua, Surat Menyurat dan Proposal Dana oleh Ustadz Husin Fahmi, S. Pd. dan Ustadzah Fitria Wulandari, S. Pd.; ketiga, Steering Committee and Organizing Committee oleh Ustadz Helman, S. Pd. I.; dan yang keempat, Leadership and Human Relation oleh Ustadz Badarudin, S. Pd. I. dan Ustadz Anwar Zain, S. Pd. I. Dengan gaya penyampaian yang berbeda-beda dari masing-masing pemateri menjadikan orientasi ini semakin menyenangkan dan menarik untuk diikuti hingga akhir. Tentunya, sebagaimana yang tertuang dalam tema, pembekalan melalui materi-materi yang disajikan diharapkan tidak hanya sebatas teori saja, tetapi juga  dapat diimplementasikan oleh pengurus LDK Nurul Fata yang berkompeten dan berdedikasi tinggi.
    LDK Nurul Fata dengan suasana yang baru dan inovatif dalam memenuhi harapan menjadi pejuang dakwah Rasulullah, diantaranya kini memiliki enam divisi dan lima bidang yang siap mengoptimalkan kerja dan fungsinya masing-masing. Untuk itu, selama tiga hari kegiatan TOP berlangsung, setiap divisi dan bidang bergantian menyampaikan rencana program kerja mereka agar saling mengetahui dan mengerti program kerja yang satu dengan yang lainnya serta dapat disepakati bersama. Mereka sangat antusias menyimak penyampaian program kerja yang diwakilkan masing-masing ketua divisi, ketua bidang dan sekretaris bidang. Terlebih lagi sebelum penyampaian, mereka membangkitkan semangat semua hadirin yang ada dengan menyanyikan yel-yel atau mengucapkan jargon dari setiap divisi dan bidang. Penyampaian proker dimulai dari enam divisi, yaitu Divisi Tilawah dan Tartil, Divisi Tahfidz, Divisi Syarhil Qur’an, Divisi Habsyi, Divisi Nasyid, dan Divisi Jurnalistik dan Multimedia, kemudian dilanjutkan oleh lima bidang, yaitu Bidang Bimbingan dan Pengkaderan, Bidang Opini dan Syiar, Bidang Hubungan Masyarakat dan Pengabdian Masyarakat, Bidang Inventaris dan Pemeliharaan Alat, serta Bidang Pendidikan dan Pelatihan. Sementara itu, mereka yang biasanya akrab disapa dengan pengurus inti 5, yaitu Ketua Ikhwan, Ketua Akhwat, Bendahara Umum, Sekretaris Umum, dan Ketua Umum menyampaikan rencana program kerjanya pada hari terakhir pelaksanaan TOP 2020. Selepas penyampaian dari masing-masing divisi dan bidang, selalu diberikan kesempatan pada hadirin yang ada baik sesama pengurus maupun Dewan Kehormatan untuk memberikan tanggapan berupa pertanyaan atas detail program kerja yang diajukan maupun saran-saran agar program kerja yang akan dijalankan ke depannya dapat berjalan dengan baik seperti yang telah direncanakan.
      TOP 2020 ditutup secara resmi pada Minggu, 15 Maret 2020 oleh Dewan Kehormatan LDK Nurul Fata. Berakhirnya kegiatan tersebut sebenarnya mula dari awal perjalanan kepengurusan LDK Nurul Fata yang baru. Roni selaku Ketua Umum LDK Nurul Fata periode 2020-2021, yang menyebut kepengurusan ini sebagai kabinet api unggun, berharap ilmu yang telah didapatkan selama TOP dapat diamalkan dan program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik dan maksimal, serta para pengurus dapat selalu bersemangat untuk menjadi kayu bakar yang terus menghidupkan api unggun. Semoga pengurus LDK Nurul Fata periode 2020-2021 dapat bekerjasama dengan baik, selalu mempererat ukhuwah baik antar pengurus maupun dengan dewan kehormatan, terus mengembangkan potensi yang dimiliki, serta yang paling utama adalah niat ikhlas untuk meraih ridho Ilahi dan meneruskan dakwah Rasulullah.









Posting Komentar

4 Komentar

  1. Sedikit saran buat ading jurnalistik untuk blog lebih di perbaiki lgi dan lebih ditambahkan lgi tentang history awal berdiri nya ldk nf serta perkenalan dri para pengurus ldk nf yg sekarang dn jgn lupa termasuk para divisi dan bidangnya kd usah panjang2 redaksi kata2ny

    BalasHapus
  2. Inggih ustadz, minta rela uln, terimakasih atas saran baik p puun, mudahan kedepannya lebih baik lagi��

    BalasHapus