Wisata Religi LDK Nurul Fata: Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta Melalui Ziarah




LDK Nurul Fata  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin pada hari sabtu, 17 juni 2023 M/28 Dzulqa’idah 1444 H melaksanakan sebuah program kerja tahunan, yaitu wisata religi. Kegiatan ini mengangkat tema “Berziarah Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta, Mengambil Ibrah dari Para Orang-orang Shaleh, Untuk Membangun Jiwa Anggota Ldk Nurul Fata yang Religius”. Kegiatan ini diikuti oleh para pengurus dan juga dewan senioran LDK Nurul Fata dengan sangat antusias.

Wisata religi ini adalah salah satu jenis wisata yang sangat erat kaitannya dengan aktivitas ataupun tempat-tempat khusus yang berhubungan dengan aspek religius. Hal-hal tersebut bisa berupa tempat ibadah, benda-benda, makam-makam, dan banyak lagi yang dianggap memiliki makna yang khusus oleh masyarakat sekitar.

Seperti tahun sebelumnya, alur perjalanan wisata religi ini juga dilakukan dengan menyusuri sungai yang ada di Kota Banjarmasin. Rangkaian kegiatan wisata religi ini dimulai dari jam 7 pagi, melakukan registrasi di Masjid kampus UIN Antasari Banjarmasin, kemudian berangkat ke pelabuhan Banua Anyar. Makam pertama yang dituju adalah Makam Datu Amin di Banua Anyar. Makam yang kedua yaitu makam Habib Hasyim Al-Kaff. Kemudian lanjut ke makam yang ketiga, yaitu Makam Syech Jamaluddin Al-Banjari (Surgi Mufti). Setelah itu lanjut ke makam yang keempat, yaitu makam Guru Zuhdi. Sebelum melanjutkan perjalanan ke makam selanjutnya, para peserta wisata religi ini beristirahat di Masjid Jami’ Sungai Jingah, sambil makan bersama dan Sholat Dzuhur berjamaah. Setelah itu ziarah di;anjutkan ke makam Habib Basirih, dan terakhir ke makam Sultan Suriansyah.

Muhammad Alwi selaku ketua pelaksana wisata religi ini mengatakan “Dengan terlaksananya kegiatan wisata religi, semoga kita para pengurus dan dewan senioran bisa mengambil pelajaran dari manaqib dan bisa menyontoh keseharian dari para Auliya Allah. dan semoga dengan terlaksananya program ini, Allah subhanahu wa ta’ala selalu meridhoi kita semua, serta semoga kepada khususnya pengurus menjadi lebih erat dalam menjalin silaturahmi kedepannya.”

Selain itu, ketua umum LDK Nurul Fata juga menambahkan bahwa “dengan diadakannya Wisata Religi Susur Sungai tahun ini diharapkan kita semua khususnya pengurus dapat meneladani kisah-kisah perjuangan ulama zaman dulu dalam memperjuangkan agama dan tentunya mampu mengaplikasikan serta memodifikasi untuk berdakwah di masa sekarang. Selain itu juga semoga kegiatan ini bisa menjadi reminder untuk kita semua akan kehidupan yang sementara ini dan semangat mempersiapkan bekal untuk kehidupan selanjutnya.”

Dokumentasi:


Makam Datu Amin

Masjid Jami' Banjarmasin

Kubah Habib Basirih

Inti 5 LDK Nurul Fata

Foto bersama pengurus dan dewan senioran LDK Nurul Fata




Oleh: Irfan Maulana

Posting Komentar

0 Komentar