Training Orientasi Pengurus (TOP) Periode 2023-2024

 


TOP (Training Orientasi Pengurus) adalah sebuah program kerja tahunan Lembaga Dakwah Kampus Nurul Fata yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali pada awal pelantikan kepengurusan baru. Pada kegiatan ini LDK Nurul Fata mengangkat tema “Membentuk Pengurus LDK Nurul Fata yang Berakhlak Mulia, Berjiwa Kepemimpinan dan Adaptif dalam Memaksimalkan Potensi Diri” dengan tujuan untuk membekali pengurus baru LDK Nurul Fata tentang bagaimana cara memanajemen organisasi dengan baik dan untuk memahami kegiatan serta cara kerja LDK Nurul Fata dalam satu tahun kepengurusan kedepan. Selain itu, TOP juga bertujuan untuk menciptakan pengurus baru yang tidak hanya memiliki akhlak mulia, tetapi juga berjiwa kepemimpinan dalam kehidupan berorganisasi dan kehidupan sehari-hari, serta bersikap lebih adaptif dalam memaksimalkan potensi diri melalui Lembaga Dakhwah Kampus Nurul Fata.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, bertepatan pada tanggal 8 dan 9 April 2023 yang bertempat di Aula Panti Asuhan Nuruddin. TOP ini secara resmi dibuka langsung oleh Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, yaitu akhina Abdurrahman pada Sabtu, 8 April 2023.

Rasa syukur diselenggarakannya kegiatan ini diutarakan oleh Ketua Pelaksana TOP tahun ini, yaitu akhina Irfan Maulana. “Alhamdulillah, acara TOP pada kepengurusan kali ini bisa berjalan dengan lancar. Antusias para pengurus, baik itu pengurus baru ataupun yang sudah satu tahun kepengurusan sangat besar akan kegiatan ini. Kegiatan ini juga digabung dengan kegiatan buka bersama LDK Nurul Fata. Dan saya sangat berterima kasih kepada seluruh pengurus, senioran, dan seluruh pihak yang membantu kegiatan ini, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar sebagaimana yang diharapkan”, tuturnya.

TOP tahun ini diikuti oleh 76 orang peserta yang terdiri dari 28 ikhwan dan 48 akhwat. Adapun materi yang diberikan pada kegiatan ini antara lain yang pertama yaitu “Leadership dan Problem Solving” yang disampaikan oleh Ustadz Badaruddin, S.Pd.I., M.Pd, dan yang kedua yaitu “Manajemen Organisasi dan Human Relation” yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Taufik Akbar, M.Pd.

Kegiatan TOP kali ini berbeda dengan acara TOP tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaannya dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Selain penyampaian materi-materi, TOP tahun ini juga memiliki rangkaian acara lain yaitu, perkenalan divisi dan bidang serta pembacaan maulid habsyi sambil menunggu waktu buka puasa bersama. Dilanjutkan dengan sholat magrib, isya dan sholat tarawih berjama’ah oleh seluruh peserta TOP, demisioner dan senioran.

“Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas terlaksananya acara Training Orientasi pengurus LDK Nurul Fata, besar harapan saya semoga para pengurus maupun anggota menjadi seorang mahasiswa yang mampu memimpin, memanajemen dan berakhlak mulia baik dalam kehidupan keluarga, pertemanan, organisasi, perkuliahan, dan lingkungan masyarakat”, ucap akhina Muhammad Rizky selaku Ketua Umum LDK Nurul Fata periode 2023-2024 yang merasa terharu dan bangga atas terlaksananya kegiatan TOP ini yang berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini diharap menjadi awal mula bagi perjalanan kepengurusan LDK Nurul Fata yang baru, yang mampu menciptakan rasa kekeluargaan dan kerjasama dalam meneruskan estafet dakwah Rasulullah saw.

Dokumentasi:


Penyampaian Materi

Perkenalan Bidang/Divisi

Makan Bersama

Foto Bersama

Foto Bersama


Oleh: Dinna Dharma Winata

Posting Komentar

0 Komentar