Merangkai Senyum dan Menebar Kebaikan Melalui Nurul Fata Mengabdi

Mengabdi dengan hati, bergerak dengan aksi merupakan slogan yang disemarakkan dalam pengabdian tahun ini. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu program kerja unggulan LDK Nurul Fata yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pengabdian di tahun ini dilaksanakan di Panti Asuhan Nurul Ihsan, Gambut pada tanggal 21-22 Januari 2023 yang mengusung tema "Menjalin silaturrahmi, merangkai senyum dan menebar kebaikan dalam rangka LDK Nurul Fata mengabdi."

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ibu Dr. Hj Tarwilah, M. Ag selaku Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin dan dimeriahkan penampilan madihin oleh Akhi Waladun. Dalam berkegiatan 2 hari, panitia menyusun kegiatan berupa pemberian materi-materi yang menunjang kepada anak panti seperti materi Praktik sholat dan wudhu, penyelenggaraan jenazah yang diisi oleh Ustadz Tamjidnor,M. Pd.I Materi Mental Health dan PHBS yang diisi oleh Ukhtina Najwa Khalisa Yasmin dan yang terakhir ada materi Literasi Bahasa Inggris yang diisi oleh Seruni Sekar Arum. Kemudian ada juga makan bersama panitia, anak panti dan juga pengurusnya, malam mingguan dengan "Nonton Bareng" anak panti. Di hari minggunya kebersamaan dan keseruan bersama anak panti juga dimeriahkan dengan senam bersama dan berbagai lomba dan fun games. 

Meskipun pengabdian tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mengadakan pengabdian di desa, namun hal ini tidak menyurutkan semangat panitia yang berjumlah kurang lebih 26 orang untuk melaksanakan pengabdian di Panti Asuhan Nurul Ihsan. Senada dengan tutur Akhina Saipul Rasid selaku Ketua Pelaksana Nurul Fata Mengabdi "Mungkin pengabdian masyarakat tahun ini berbeda dengan tahun kemarin, yang pelaksanaannya hanya dalam lingkup panti asuhan bukan di lingkup masyarakat yang besar, namun dengan adanya perbedaan tersebut tidak mengurangi rasa sosial kita untuk berbagi, menebarkan kebaikan, menjalin silaturahmi dan membantu sesamanya." 

Pengabdian ini bukan hanya berbagi kebahagian, kebersamaan, dan keseruan dengan anak panti tetapi juga berbagi kebaikan bagi semua orang melalui donasi berupa barang, uang, dll yang dikumpulkan sebelum pelaksanaan kegiatan dan hasilnya diserahkan kepada Panti asuhan. 

"Bersyukur sekali kegiatan LDK Nurul Fata Mengabdi dapat berjalan lancar dan sukses. Tentu dalam kegiatan ini sangat banyak hikmah yang didapatkan, salah satunya ialah kita lebih bisa menghargai setiap moment-moment, waktu dan kesempatan dengan keluarga yang masih ada. Semoga kebaikan-kebaikan seperti ini dapat terus di jalankan disetiap kepengurusan di LDK Nurul Fata. Sebab Tri Dharma tentang pengabdian memang harus selalu di adakan di setiap organisasi, salah satunya di LDK Nurul Fata. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak yang terlibat, tanpa kalian orang-orang yang baik, semua tidak akan bisa berjalan dengan sukses." Tutur Akhina Abdul Rajak selaku Ketua Umum LDK Nurul Fata.

Dokumentasi Kegiatan

Pembukaan


Penampilan Madihin Oleh Akhi Waladun

Materi I dan II : Praktik Wudhu dan Sholat dan Penyelenggaraan Jenazah Oleh Ustadz Tamjidnor, M. Pd. I



Materi III : Mental Health dan PHBS Oleh Ukhtina Najwa Khalisa Yasmin

Materi IV : Literasi Bahasa Inggris Oleh Ukhtina Seruni Sekar Arum 

NoBar Film

Senam Bersama

Fun Games



Lomba Sambung Ayat dan Lomba Ranking 1


Penutupan

Penyerahan Kenang-Kenangan dan Hasil Donasi

Pembagian Hadiah





Foto Bersama





Oleh: Khoirunnisa

Posting Komentar

0 Komentar