Keutamaan Bulan Dzulqa’dah


Alhamdulillah, kita telah memasuki Bulan Dzulqa’dah, yaitu bulan ke 11 dari perhitungan Tahun Qamariah. Pada bulan ini, terdapat beberapa keutamaan, tetapi sepertinya sangat jarang diketahui oleh umat muslim. Dzulqa’dah merupakan salah satu dari bulan haram (bulan suci). Dzulqa’dah sendiri berarti duduk atau berhenti. Disebut demikian karena pada bulan ini, orang Arab zaman dahulu mulai bersantai, duduk-duduk, atau berhenti dari peperangan.

Berikut beberapa keutamaan dari bulan Dzulqa’dah.

1.    Salah Satu Bulan Suci

Salah satu keutamaan bulan Dzulqa’dah adalah bulan ini merupakan salah satu dari bulan haram atau bulan suci, dimana umat muslim ditekankan untuk tidak bermaksiat atau mendzolimi orang lain apalagi berperang. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu,” (QS. At-Taubah [9]: 36)

Diriwayatkan dari Abu Bakrah bahwa Nabi Muhammad bersabda,

“Sesungguhnya, zaman itu berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga posisinya berurutan; Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar yang posisinya antara bulan Jumadi Tsani dan bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2.    Umrah Rasulullah

Semua umrah Rasulullah dilakukan di bulan ini, kecuali umrah yang bersamaan dengan haji. Meskipun pada waktu itu, beliau berihram di bulan Dzulqa’dah, tetapi beliau melakukan umrah bersamaan dengan hajinya di bulan Dzulhijjah.

Dituturkan Anas bin Malik, “Rasulullah melakukan umrah sebanyak empat kali, semuanya di bulan Dzulqa’dah, kecuali umrah yang dilakukan bersama hajinya. Empat umrah itu adalah umrah Hudaibiyah di bulan Dzulqa’dah, umrah tahun depan di bulan Dzulqa’dah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

3.    Janji Allah kepada Nabi Musa

Janji Allah Subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Musa alaihissalam untuk bertemu dan berbicara dengan-Nya bertujuan untuk mempersiapkan dirinya memasuki keadaan yang istimewa. Sedangkan waktu yang digunakan untuk bersiap-siap adalah selama tiga puluh malam di bulan Dzulqa’dah dan ditambah sepuluh malam di bulan Dzulhijjah, maka jumlahnya adalah empat puluh malam. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَوَٰعَدْنَا مُوسَىٰ ثَلَٰثِينَ لَيْلَةً وَأَتْمَمْنَٰهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيقَٰتُ رَبِّهِۦٓ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً ۚ وَقَالَ مُوسَىٰ لِأَخِيهِ هَٰرُونَ ٱخْلُفْنِى فِى قَوْمِى وَأَصْلِحْ وَلَا تَتَّبِعْ سَبِيلَ ٱلْمُفْسِدِين

“Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: "Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan".” (QS. Al-A’raf [7]: 142)

 

4.    Termasuk dalam bulan haji

Bulan Dzulqa’dah  merupakan salah satu dari bulan-bulan haji, sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam firman-Nya:

ٱلْحَجُّ أَشْهُرٌ مَّعْلُومَٰتٌ ۚ فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ ٱلْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِى ٱلْحَجِّ ۗ

“(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.” (QS. Al-Baqarah [2]: 197)

Para ulama sepakat bahwa bulan-bulan haji tersebut adalah bulan Syawal, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah. Namun, terdapat perbedaan pendapat untuk bulan Dzulhijjah, ada yang berpendapat hanya sepuluh hari pertama di bulan tersebut dan ada juga yang berpendapat satu bulan penuh.


Oleh: Hamidah


Posting Komentar

0 Komentar