TRAINING ORIENTASI PENGURUS (TOP) 2019

Training Orientasi Pengurus atau biasa disingkat TOP.  Menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Lembaga Dakwah Kampus Nurul Fata Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN  Antasari Banjarmasin. Dengan mengusung tema “Membekali Pengurus LDK Nurul Fata Menjadi Pejuang Dakwah yang Berkomitmen, Berkompeten dan Berakhlak serta Bertanggung Jawab dalam Menjalankan Roda Organisasi” ini, bertujuan untuk memberikan bekal kepada pengurus agar menjadi kader-kader dakwah  yang tidak hanya berkomitmen  dan berkompeten, namun besar harapan pula agar kegiatan ini dapat membentuk kepribadian yang berakhlak serta bertanggung jawab dalam mengemban amanah yang telah diberikan.

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh kurang lebih 130 anggota yang sudah resmi dilantik menjadi pengurus. Alhamdulillah acara yang dilaksanakan mulai dari hari sabtu pukul 09:00 WITA sampai hari minggu pukul 17:00 wita di Aula SMAN 2 Banjarmasin ini berjalan dengan lancar dan sukses. Hal ini dapat dilihat dari besarnya antusias para pengurus dalam mengikuti kegiatan, ditambah dengan banyaknya partisipasi  dan dukungan dari para demisioner serta dewan senioran yang bersedia meluangkan waktunya untuk bisa berhadir di acara TOP tersebut sehingga membuat kegiatan terasa lebih meriah dan lebih terkontrol.
Kegiatan ini seakan menjadi gerbang awal bagi pengurus untuk sama-sama berjuang dijalan dakwah melanjutkan roda organisasi selama satu tahun kedepan.     
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Meskipun tidak sedikit kendala yang dihadapi pengurus dalam menjalankan kegiatan ini, namun hal itu tidak pula menurunkan semangat mereka untuk melanjutkan  kegiatan tersebut hingga selesai. “Saya merasa sangat bangga dengan pengurus yang sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan, semoga kedepannya pengurus benar-benar berkomitmen dan bertekad kuat dalam meneruskan dakwah Rasulullah Saw. Semoga TOP ini benar-benar bisa memberikan bekal untuk semua pengurus, karena LDK tidak dapat memberikan apapun kecuali pengurus sendiri yang memberikan sesuatu untuk LDK”. Demikian ungkap Nur Muhammad selaku ketua umum LDK Nurul Fata mengenai kegiatan TOP tersebut.

Adapun rangkaian kegiatan TOP ini yaitu adanya pemberian materi mengenai surat menyurat dan LPJ oleh Kanda Husin Fahmi, Filosofis Pergerakan LDK oleh kanda Zainal Abidin, Jobdis oleh kanda Helman, kepemimpinan & dinamika kelompok oleh Kanda Muhammad Taufik Akbar serta penyampaian proker dari masing-masing bidang. Melalui materi-materi yang telah disampaikan tersebut, diharapkan para pengurus bisa memahami bagaimana seluk beluk LDK Nurul Fata dan bisa menjadi bekal mereka untuk menjalankan amanah organisasi selama kepengurusan.

Tidak hanya demikian, pada kegiatan TOP ini para pengurus LDK Nurul Fata juga melakukan beberapa hal yang dapat menambah keeratan dan silaturrahmi  antar sesama pengurus, seperti berbagai permainan disela-sela materi, serta senam  pagi dan makan bersama dalam satu talam. Kegiatan pun semakin menarik pada saat penampilan ajang kreativitas dari para pengurus, dimana pada kegiatan kali ini setiap pengurus secara berkelompok dibebaskan untuk menampilkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Pada kegiatan TOP ini tidak terlepas pula dengan kegiatan keagamaannya seperti shalat lima waktu, shalat tahajjud, shalat taubat dan shalat witir berjamaah, serta tadarus AlQur’an bersama-sama. Harapannya dengan adanya rangkaian kegiatan tersebut tidak hanya dapat menambah wawasan dan pengetahuan pengurus dalam hal ilmu sosial, namun juga dapat meningkatkan keimanan dan juga ketakwaan kepada Allah SWT.









Penulis: Fia
Editor: ulf

Sumber Foto: Divisi Pudekdok

Posting Komentar

0 Komentar