Waktu Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan



Doa merupakan tindakan dari ketergantungan hamba kepada Tuhannya. Tidak selamanya doa yang kita panjatkan dikabulkan sesuai permintaan, bisa jadi Allah Subhanahu wa ta’ala tidak mengabulkannya dan menggantinya dengan yang lebik baik. Terkadang, kita berdoa hanya sekedar ekspresi memohon dan meminta apa yang diinginkan tanpa menghadirkan hati dan rasa butuh pada Allah Subhanahu wa ta’ala. Itulah yang membuat seakan-akan doa kita tak berdampak apapun bagi kehidupan kita. Dengan berdoa, harusnya membuat kita optimis dalam menghadapi sebuah permasalahan apabila kita khusyuk dan merasa benar-benar butuh pada Allah. Itulah sebenarnya hakikat dari berdoa. Terdapat beberapa waktu yang mustajab agar doa lekas terkabul, salah satu waktunya adalah pada bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan mulia yang menjanjikan pahala yang berlipat ganda jika beribadah dengan sungguh-sungguh. Tak heran, bulan Ramadhan sangat dinantikan semua umat muslim karena memiliki banyak sekali keistimewaan. Salah satu keistemewaannya ialah setiap ibadah dilipat gandakan pahala dan diijabahnya doa-doa.

Allah berfirman:

وَاِذَا سَأَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَآِنِّيْ قَرِيْبٌ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَادَعأنِ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Rasulullah ﷺ bersabda:

اِنَّ لِلهِ فِيْ كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنْ النَّارِ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ, وَاِنَّ لِكُلّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا  فَيَسْتَجِيْبُ لَه

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa akan dikabulkan.” (HR. Al-Bazaar)

Inilah beberapa waktu dikabulkannya doa di bulan Ramadhan:

1.      Waktu Sahur

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Nabi Muhammad ﷺ bersabda: “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

2.      Saat Berpuasa

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Nabi Muhammad ﷺ bersabda: “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang terzolimi.” (HR. Ahmad)

3.      Ketika Berbuka Puasa

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan doa orang yang terzalimi.”  (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Nah, itulah beberapa waktu dikabulkannya doa saat bulan Ramadhan. Semoga kita menjadi diri yang lebih baik lagi, bumi kita lekas membaik, dan semoga kita bisa mengamalkannya. Aamiin.

            Jangan lupa berdoa!

 

Oleh: Norlena Hayati


Posting Komentar

0 Komentar