Nurul Fata Peduli



Wabah COVID-19 membuat pemerintah pusat mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk berkegiatan di rumah saja. Work from home itulah yang sering digaungkan oleh para pejabat pemerintah, tak luput Gubernur Kalimantan Selatan, Bapak Syahbirin Noor. Kerja dari rumah mungkin tak akan sulit dilakukan untuk orang-orang yang bekerja sebagai aparatur sipil negara dan karyawan swasta. Mereka semua masih bisa bekerja dari jarak jauh dengan menggunakan kemampuan dari gawai. Namun, pekerja informal tak semudah itu bekerja dari rumah, seperti para pedagang kaki lima, ojek, tukang becak, buruh, dan pekerjaan lain yang mengharuskan kehadiran fisik pekerjanya di lapangan. Tanpa hal itu, maka mereka semua tak akan mendapatkan upah dan terancam ada mulut yang tak bisa makan.

Menyadari akan hal itu, muncul keinginan dari para pengurus LDK Nurul Fata untuk bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi ini. Para pengurus melakukan inisiatif untuk melaksanakan kegiatan penggalangan dana yang selanjutnya disebut dengan Nurul Fata Peduli. Dalam kegiatan ini, pengurus mengumpulkan sumbangan berupa uang dan bahan pokok . Hasil penggalangan dana tersebut digunakan untuk makanan berbuka puasa dan sembako bagi keluarga yang membutuhkan.

Berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan ini, Ketua Umum LDK Nurul Fata, akhina Roni berkata, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepekaan pengurus terhadap lingkungan masyarakat yang saat ini terdampak pandemi virus corona serta juga memotivasi dan meningkatkan semangat untuk berbagi kepada saudara kita yang lebih membutuhkan. Besar harapan dalam kegiatan ini bisa membuat orang-orang memanfaatkan hartanya untuk bersedekah kepada yang membutuhkan dan dapat meringankan sedikit beban masyarakat yang kurang mampu. Tak luput, saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang telah menyisihkan hartanya untuk dapat berbagi dalam kegiatan Nurul Fata Peduli ini, terkhusus para pengurus LDK Nurul Fata yang telah rela mengorbankan tenaga, waktu, pemikiran, dan lain sebagainya untuk dapat menyukseskan acara ini.

Pengumpulan donasi dilakukan dengan menyebarkan pamflet dan broadcast ke seluruh media sosial LDK Nurul Fata, berlangsung selama sepuluh hari sejak tanggal 28 April 2020 sampai dengan 7 Mei 2020. Pengumpulan donasi berupa uang dikumpulkan via transfer ke rekening Bendahara Umum LDK Nurul Fata, ukhtina Risda Isnaini Zulfah, sedangkan donasi berupa bahan pokok dikumpulkan di Musholla Al-Muhajirin Jl. Bumi Mas Raya Komp. Handayani Rt. 31 yang dikelola oleh Sekretaris Umum LDK Nurul Fata, akhina Fathullah.

Syukur, Alhamdulillah, dana yang terkumpul berjumlah Rp 3.735.000 dan beberapa bahan pokok. Selanjutnya, uang tersebut dibelikan makanan untuk berbuka puasa sekitar 190 bungkus nasi dan bahan pokok sekitar 55 paket. Pembagian makanan dan sembako dilakukan selama sepuluh hari berturut-turut, mulai dari tanggal 9 Mei 2020 sampai tanggal 18 Mei 2020, dibagikan di sekitar wilayah Kota Banjarmasin.

Kegiatan Nurul Fata Peduli yang telah dilaksanakan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Mereka yang menerima bantuan merasa gembira dan senang saat para pengurus membagikan makanan untuk berbuka dan sembako. Mereka mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas uluran tangan dari para donatur kegiatan Nurul Fata Peduli ini. Mereka berharap agar kegiatan seperti  ini bisa terus dilaksanakan karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk dapat bertahan hidup dalam keadaan di tengah pandemi saat ini.







Posting Komentar

0 Komentar