PESANTREN RAMADHAN 2019

Pesantren Ramadhan merupakan salah satu agenda kegiatan rutin LDK Nurul Fata di setiap tahunnya. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu (18-19/03/2019) ini bertempat di Panti Asuhan yang sama dengan tahun sebelumnya, yaitu Panti Asuhan Al-Asri Basirih (Mantuil, Banjarmasin). Kegiatan yang bertemakan “Indahnya Berbagi di Bulan Suci Bersama LDK Nurul Fata Mengabdi” ini melibatkan seluruh pengurus LDK Nurul Fata dan anak-anak panti asuhan tersebut. Sesuai dengan tema acara, maka tujuan dari dilaksanakannya pesantren Ramadhan ini adalah tidak hanya untuk menambah keeratan dan persaudaraan antar sesama pengurus saja, melainkan juga untuk meningkatkan rasa sosialitas, untuk menciptakan rasa kasih sayang dan saling monghormati antar sesama, serta melatih diri untuk saling berbagi terlebih lagi untuk anak-anak panti. 

Merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kami dari pengurus ketika bisa berbagi dengan anak-anak panti tersebut.  Melalui ini kami menyalurkan apa yang bisa kami beri untuk mereka dengan harapan agar mereka merasa senang dan bisa merasakan kebahagiaan sebagaimana anak-anak pada umumnya. Kebersamaan dan senyum bersama mereka adalah suatu hal luar biasa yang kami rasakan. 

Anak-anak dari panti asuhan Al-Asri ini berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda namun mereka dididik dengan sama tanpa dibeda-bedakan yaitu diajarkan untuk hidup mandiri. Selain itu, mereka juga memiliki usia yang berbeda-beda, namun mereka tetap mampu hidup rukun, saling tolong menolong dan saling menghargai. Di sana juga terdapat TK/TPA yang mana mereka diajarkan tentang Al-quran dan nilai-nilai Islam.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 anak panti ini berlangsung dengan sangat meriah. Terlebih ketika melihat semangat dan antusias mereka dalam mengikuti kegiatan demi kegiatan yang kami agendakan seperti shalat berjamaah, tadarus Al-quran, nonton bareng, nasyid dan habsyi bersama serta pelaksanaan berbagai lomba (azan, cerdas cermat, tartil) dan berbuka puasa bersama. Kegiatan dipanti ini ditutup dengan shalat tarawih berjamaah dan pembagian hadiah disertai dengan penyampaian ucapan terima kasih pengurus kepada pihak pengasuh panti.

Selepas kegiatan di panti, agenda LDK Nurul Fata adalah Sahur On the Road dengan berbagi makanan sahur untuk orang-orang yang ada di pinggir jalan, di mana dalam kegiatan ini seluruh pengurus dibagi menjadi tiga rute yang berbeda dan kemudian berkumpul kembali di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin untuk bersahur bersama dan shalat subuh berjama’ah disana. Acara terakhir ditutup dengan evaluasi pengurus. 








Posting Komentar

0 Komentar