Pengabdian Masyarakat 2018



      LDK Nurul Fata Mengabdi 

       Pengabdian masyarakat adalah salah satu agenda tahunan LDK Nurul Fata yang di pegang oleh bidang HUMANIS. Dimana pada periode ini acara tersebut dilaksanakan selama enam hari, yakni pada hari Selasa-Minggu, 22-27 Januari 2019 di Desa Tatah Alayung, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala. Dengan mengusung tema “Semangat Pemuda dalam Bermasyarakat dan Menjungjung Ukhuwah Bersama LDK Nurul Fata” pengabdian masyarakat periode ini berjalan dengan lancar.  
         Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan yaitu ikut membantu mengajar di sekolah-sekolah yang terdapat dalam desa tersebut, seperti TK, SD, SMP, dan TPA. Kemudian mengadakan pasar murah, lomba-lomba bagi anak-anak, nonton bareng, warung amal dan lelang. Serta berbagai kegiatan keagamaan seperti, tadarus Al-Qur’an, sholat berjamaah, kultum, pelatihan penyelenggaraan jenazah dan tabligh akbar. Dimana dalam setiap kegiatan tersebut mendapat respon yang sangat baik dari warga setempat.
         Untuk kegiatan yang dilaksanakan sendiri, LDK Nurul Fata tidak hanya melibatkan anggotanya saja, melainkan juga melibatkan orang luar yang dianggap mumpuni dalam mengisi agenda kegiatan yang telah disediakan. Seperti pelatihan penyelenggaraan jenazah yang diisi oleh bapak Tamjid Noor, S. Ag, M. Pd dan tabligh akbar yang diisi oleh Ust. Supyan Al-Banjary, dimana beliau juga membawa rekan untuk membentu menyukseskan agenda lelang.
            Acara pengabdian masyarakat ini ditutup dengan kegiatan lelang. Dimana barang-barang yang dilelangkan ini di ambil dari sumbangan warga setempat. Barang-barang lelang pun bervariasi, dari berbagai jenis kue, buah-buahan, daging kaleng, sampai sorban Ust. Supyan Al-Banjary. Dimana lelang terasa semakin sengit pada waktu yang semakin larut. Sebab, lelang ditutup dengan dilelangnya sorban Ust. Supyan Al-Banjary yang terjual hingga mencapai harga Rp. 1.550.000,-.
            Selama acara Pengabdian Mayarakat di tahun ini, Lembaga Dakwah Kampus Nurul Fata berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp.12.700.000. Seluruh dana yang didapat dalam acara pengabdian masyarakat sendiri dialokasikan kepada desa Tatah Alayung, baik dari pasar murah, warung amal, mapun lelang.















Penulis : Ulf
Editor : Fia
Sumber Foto : Divisi Pubdekdok

Posting Komentar

0 Komentar