Pekan Rajabiah 143H (2017)


Pekan Rajabiah 1438 H
Pekan Rajabiyah adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan pada bulan Rajab oleh LDK Nurul Fata Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Acara ini berlangsung selama 4 hari yakni dari tanggal 20-23 April 2017 yang bertempat di UIN Antasari Banjarmasin. Kegiatan ini bertujuan agar sesama muslim dapat memanfaatkan beberapa hari di bulan rajab serta memberikan inspirasi dengan hal-hal positif. Ada dua jenis kegiatan dalam acara Pekan Rajabiyah 1438 H ini yakni FESTA (Festival Santri TK Al-Qur’an) dan Festival Nasyid, yang mana dua jenis kegiatan ini juga diadakan pada pekan rajabiyah 2016.
Pada tahun ini peserta yang dibolehkan mengikut lomba pada acara pekan Rajabiah diperluas yakni FESTA yang pada tahun sebelumnya hanya untuk wilayah se-Banjarmasin Timur diperluas menjadi wilayah se-Banjarmasin dan sekitarnya. Tak ketinggalan, suara-suara emas yang ada pada lomba Nasyid Se-Kalimantan Selatan juga ikut memeriahkan acara Pekan Rajabiah setiap tahunnya.

Adapun komentar mengenai acara ini oleh ketupak pekan rajabiah, M. Ridho Sulam mengatakan " Luar biasa, unforgettable, tempat belajar kedua selain di ruang kuliah."
Begitu pula halnya komentar dari Ketua Umum LDK Nurul Fata, M.Idramsyah mengatakan " Menurut saya sendiri kegiatan ini sangat bagus bagi para TPA karna dapat menjadikan tempat silaturrahmi dan berbagi mengenai cara para ustadz dan ustadzah TPA lain mengajar. Selain itu juga kegiatan ini bisa meningkatkan kesan kepada santri dan santriwati ketika mereka besar nanti. Adapun hal yg paling berbekas itu ialah walaupun mereka itu lelah tapi mereka tetap semangat dalam menjalankan amanah yg diberikan."

Kegiatan yang mengusung sebuah tema “Semarakkan Rajabmu dengan Prestasi dan Jalin Ukhuwah bersama LDK Nurul Fata” menuai beberapa komentar positif dan tentunya membangun dari beberapa dewan Kehormatan serta guru TPA yang ikut berpartisipasi di dalam acara Pekan Rajabiah LDK Nurul Fata.  "Bangga dengan buhan pian semua yang sudah mau menyumbangkan tenaga dan pikiran, waktu, bahkan materi untuk kegiatan tersebut" ucap Ukhti Saniah.
Sebagai salah satu anggota  dewan kehormatan, Kanda M. Irham , S.Pd., juga mengatakan "Kalau tentang acaranya menurut kaka sudah bagus dan bangga melihat LDK bisa tetap mengadakan acaranya walaupun keadaan kas keuangan yg minim. Tapi semangat pengurus dan anggota bisa tetap mengadakan acara sebesar itu. Kalau melihat dari tahun-tahun yg lalu acara tahun ini sudah terlihat perkembangannya dari segi konsep, kemeriahan, dan keterbukaan kepada masyarakat kampusnya. Kalau mengenai keanggotaan dalam kerjasamanya mensukseskan acara itu sudah bagus. Dari awal sampai akhir masih semangat dan bertahan. Kalaunya ada yang bisa hilang ditengah jalan barangkali itu masalah bisa sering terjadi. Yang penting tidak ada yang salah paham dalam menjalankan tugasnya masing-masing, asal sama-sama bisa ikhlas kerjanya. Mudah-mudahan semuanya mendapat pahala yang berlimpat ganda.  Kaka juga ingin berterimakasih banyak untuk seluruh pengurus dan anggota yang sudah memberikan tenaga, pikiran dan materinya untuk mensukseskan semua acara LDK NF"
Adapun bentuk-bentuk perlombaan tingkat TPA yang diadakan dalam kegiatan ini adalah, diantaranya:
  1. Pawai Taaruf
  2. Adzan
  3. Tahfidz
  4. Menggambar kalighrafi
  5. Cerdas cermat
  6. Asmaul husna
  7. Fashion show
  8. Dai/daiyah

Di lain kesempatan kami juga melakukan wawancara dengan Kanda Helman, beliau mengatakan "Ada nilai-nilai yg bisa diambil dari kegiatan itu baik untuk peserta, panitia, maupun orang lain yg menyaksikan. Bagi panitia sebagai tempat belajar mengelola acara sebelum KKN maupun terjun di masyarakat, mengasah bakat dan kebisaan panitia. Buat peserta bisa menjadi wadah mengembangkan bakat, maupun kemampuannya di bidang masing-masing. Bagi sekolah bisa sebagai bahan evaluasi sejahmana pembelajaran yg disampaikan guru diterima oleh santri seperti lomba cerdas cermat. Bagi yang mendengarkan mendapatkan pengetahuan tentang keutamaan bulan Rajab dari mendengar peserta pidato."
Kegiatan ini ditutup dengan Maulid Habsy dan Ceramah dari Ust. Ahmad M.Fil serta pembagian hadiah bagi peraih juara 1-3 dan harapan. Kami, LDK Nurul Fata, mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi memeriahkan acara Pekan Rajabiah 1438 H ini baik pihak sponsor dan kalangan yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Dan tak lupa pula kami ucakan banyak terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah menyumbangkan pikiran, tenaga serta materi di dalam melancarkan acara ini. Semoga segala yang kita lakukan untuk kegiatan ini bernilai ibadah dan membawa berkah bagi semua.

Berikut beberapa foto yang diambil saat acara pekan rajabiah berlangsung. Check this out.






Posting Komentar

0 Komentar