PENGABDIAN MASYARAKAT 2017



           Perguruan Tinggi khususnya IAIN Antasari Banjarmasin mengusung  Tri Dharma perguruan tinggi yakni, pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Sebagai agent of change bagi negara dan agama. Salah satu program yang di miliki oleh LDK Nurul Fata adalah Pengabdian Masyarakat yang merupakan program terakhir untuk kepengurusan periode 2016-2017. Pengabdian Masyarakat yang di laksanakan di desa Handil Bamban, Basirih Dalam, Kab. Banjarmasin Selatan atau yang dikenal dengan Banjarmasin ujung ini memperoleh tanggapan positif baik dari senior, para dosen, dan yang tak kalah penting dari masyarakat tempat itu sendiri.
Tepatnya saat dilaksanakannya pelepasan oleh Ibunda Nida, selaku Wakdekan bagian kemahasiswaan fakultas tarbiyah dan keguruan. Beliau mengungkapkan bahwa “pengabdian masyarakat ini sangat bagus untuk mahasiswa agar nantinya memiliki pengalaman yang matang saat terjun ke masyarakat yang sebenarnya.”
Ketika acara pelepasan yang dilaksanakan di Aula PSB IAIN Antasari Banjarmasin selesai, dilanjutkan dengan pembekalan pengabdian masyarakat yang disampakan oleh kanda/akhina Abay selaku pembimbing, dan setelahnya dilanjutkan berangkat ke lokasi pengabdian.
Perjalanan untuk menempuh tempat yang akan dilaksanakan pengabdian masyarakat ini cukup jauh baik menempuh lewat darat maupun air. Jika menggunakan lewat darat memakan waktu sekitar  setengah jam atau satu jam. Jika melewati air karena menggunakan kelotok mesin, namun harus menuju dermaga dahulu jadi diperkirakan sekitar satu jam atau lebih sedikit.
Jalan yang ditempuh pun harus melewati jalan sempit, hanya cukup untuk satu buah motor. Ketika tiba disana, mata kita akan di suguhi dengan sungai banjarmasin yang luas, juga ada beberapa tempat yang ditempati orang untuk menanam padi disepinggir jalan sempit tadi. Sebagian besar masyarakat disana masih menggunakan jukung (kapal kecil menggunakan kayuh) untuk beraktivitas. Tapi, jangan salah. Masyarakat disana tetap bisa menikmati suguhan-suguhan layaknya di kota. Hanya saja akses untuk menuju kota cukup jauh.
Pengabdian Masyarakat yang bertemakan SAMUDERA MEWAH yang merupakan singkatan dari “Semangat Pemuda dalam Bermasayarakat dan Menjunjung Ukhuwah” dilaksanakan dari hari Minggu, 15 Janurari 2017 s.d. Sabtu, 21 Januari 2017 atau berlangsung satu minggu telah disiapkan matang-matang oleh anggota LDK Nurul Fata sendiri, yang mana ketua pelaksananya adalah Norhidayat Saputra, PAI 2015. Memiliki beberapa agenda kegiatan seperti :
1.       Gotong Royong
2.       Lomba antar anak-anak
3.       Lomba memasak (bagi ibu-ibu dan remaja)
4.       Pasar murah (pakaian layak pakai)
5.       Mengajar ke Sekolah Dasar
6.       Mengajar TK AL-QUR’AN
7.       Warung Amal dan lelang kue
8.       Pelatihan pidato,maulid habsy, mengaji.
9.       Membuat bunga dari flanel
10.   Shalat wajib dan sunah berjamaah beserta kultum
11.   Pelatihan penyelenggaraan jenaazah
12. Tabligh Akbar
13.   Dan masih banyak kegiatan yang sifatnya sesuai kondisi
Selama kegiatan pengadian ini berlangsung, cukup mengundang simpati bagi masyarakat bahkan hingga kegiatan ini selesai. Hal ini dikarenakan, desa handil bamban, Basirih dalam ini untuk pertama kalinya di datangi atau di tempati oleh mahasiswa dalam melakukan pengabdian.
Salah satu guru di SDN 4 Basirih , mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini mampu menunjang kreatifitas minat dan bakat bagi anak-anak di sekolah tentunya. Mereka juga begitu terasah dengan diadakannya lomba.
Kemudian, dari ketua RT disana juga mewakilkan ungkapan dari masyarakat, bahwa benar-benar memberikan kesan positif, juga karena untuk pertama kali di kunjungi oleh mahasiswa dan mengadakan kegiatan yang membuat masyarakat terhibur.
Kemudian, tidak terlewatkan tanggapan dari orang tua angkat kami disana, mama Fatimah dan Abah Tarham mengatakan “Kampung jadi sunyi kembali setelah kalian pulang, tidak ada lagi kegiatan seperti yang kalian laksanakan, sering-sering berkunjung kesini”
Hal itu benar-benar membuat kami terkesan dan sangat senang, Alhamdulillah bahwa LDK Nurul Fata telah menggores kenangan dan kegiatan yang positif untuk desa Handil Bamban,Basirih Dalam, Banjarmasin Selatan.

Kami seluruh keluarga besar LDK Nurul Fata mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada saudara(i) sekalian yang turut membantu serta mendoakan demi kelancaran dan suksesnya kegiatan ini. Terkhusus untuk masyarakat desa handil bamban, Basirih dalam, para senior/dewan kehormatan dan pihak yang terlibat yang tidak di sebutkan satu-persatu.
Semoga Allah memberikan balasan dan keberkahan bagi kita semua.Semoga silaturrahmi selalu terjalin, dan dakwah pun selalu di syiarkan. Aamiin yaa rabbal alamiin..

Foto Dokumentasi.
pembekalan untuk PM


pelatihan maulid habsy

belajar tahsin


penampilan maulid habsy putri

mengisi dalam pengajian rutin

mengajar di Tk Al-qur'an
gotong royong membangun tenda


kios kecil dari LDK NF

penampilan nasyid dari ikhwan

pembuatan kerajinan tangan

tabligh akbar dari ust. zainal abidin

penjualan telur penerang hati

acara lelang kue

membersihkan area posko PM

saat bersiap menuju lokasi
saat memindahkan barang dan tiba dilokasi


lomba adzan

lomba busana muslim

lomba tartil

lomba memasak

lomba ranking 1




mengajar di sekolah dasar

pasar murah pakaian layak pakai

ketua umum bersam orang tua angkat

penyerahan dana bantuan untuk TK Al-Qur'an

penyerahan dana bantuan untuk mesjid

penyerahan kenang-kenangan kalender IAIN Antasari


penyerahan kenang-kenangan untuk orang tua angkat

penyerahan penghargaan untuk desa handil bamban,basirih dalam


penyerahan penghargaan dengan SDN 4 Basirih


Foto bersama ibunda Nida, wakil dekan III

Foto bersama senior


Foto bersama peserta lomba

Foto bersama peserta lomba

Foto bersama sekaligus penyerahan kenang-kenangan kalighrafi untuk mesjid dan TPA

Foto bersama guru-guru di SDN 4 Basirih

Foto bersama seluruh anggota yang mengikuti PM dan tokoh masyarakat

Posting Komentar

2 Komentar