Ramadhan Pamit



Tak terasa kita sudah berada di penghujung Ramadhan dengan suasana di tengah pandemi. Walaupun dengan suasana yang berbeda, Ramadhan di tengah pandemi tak menjadi penghalang untuk kita terus beribadah dan berbuat kebaikan dengan tetap menerapkan kebijakan stay at home dan physical distancing.

Ramadhan, bulan yang penuh berkah, rahmah dan maghfiroh sebentar lagi akan bergegas pamit. Walaupun Ramadhan akan pamit, semoga setelah ini kita tetap istiqamah dalam beribadah. Tetap jaga iman, tetap rajin bersedekah, lisan yang tetap terjaga dengan berdzikir mengingat-Nya. Tetap terus memiliki rasa sabar dan tetap melawan segala jenis hawa nafsu. Sebab, pada dasarnya kehidupan di dunia ini hanyalah sementara, akhiratlah tempat kita kekal abadi selamanya. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran Surah Al-An’am ayat 32.

 وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ ٱلْءَاخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?”

Pahamilah, bahwa dunia hanyalah tempat sementara dan kita hanya memiliki waktu yang sebentar hidup di dunia ini. Kesenangan-kesenangan duniawi hanyalah kesenangan yang menipu dan janganlah kita terperdaya serta lalai dari memperhatikan urusan akhirat.

Ramadhan dengan suasana pandemi ini sebagai teguran Allah Subhanahu wa ta’ala kepada hambanya dan menjadi muhasabah bagi kita semua. Mungkin selama ini kita kadang lalai dalam melaksanakan perintah-Nya, dan terkadang kita juga banyak melanggar hukum-hukum ajaran agama yang seharusnya dihindari dan dijauhi. Dengan teguran melalui wabah ini, Allah ingin menguji keimanan hamba-hamba-Nya. Allah ingin kita kembali kepada-Nya. Allah ingin agar kita lebih dekat dengan-Nya.

Dengan adanya teguran dari Allah ini, semoga kita senantiasa selalu mengingat-Nya, selalu melaksanakan perintah-Nya, dan selalu menjauhi larangan-larangan-Nya. Semoga amal ibadah yang kita lakukan selama Ramadhan ini diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Semoga kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan Ramadhan selanjutnya. Semoga Allah segera angkat wabah ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

 

Oleh: Muawwanatul Husna


Posting Komentar

0 Komentar